Kamis, 06 Mei 2010

Marseille Kuasai Prancis

Marseille Kuasai Prancis
- detiksport


Reuters
Marseille - Olympique Marseille memastikan diri menjadi juara Liga Prancis musim ini mengungguli Lille dan Auxerre. Kemenangan 3-1 atas Stade Rennes membuat Marsellais tidak terhentikan.

Sekitar 55 ribu penonton, mayoritas pendukung Marseille, mematadi Stade de Velodrome, Kamis (6/5/2010) dinihari WIB, saat Marseille menjamu tim papan tengah Rennes.

Marseille tinggal butuh hasil imbang karena pada pertandingan yang dilangsungkan lebih dahulu, Auxerre dibuat bertekuk lutut oleh Lyon 1-2. Artinya, nilai Auxerre terhenti di angka 67.

Di babak pertama, kedua tim bermain imbang 1-1. Gol Gabriel Heinze di menit keempat untuk tuan rumah sukses dibalas oleh Rennes melalui gol Jimmy Briand di menit 38.

Namun Marseille tak terbendung di babak kedua. Dua gol dalam tempo dua menit, yakni gol Mamadou Niang di menit 76 dan Lucho Gonzalez semenit berselang, mengunci kemenangan L'OM.

Kemenangan ini membuat posisi Marseille di puncak klasemen tak tergoyahkan dengan nilai 75 dari 36 laga. Lille dan Auxerre cuma punya nilai 67 sehingga sudah tidak bisa mengejar.


Lille sendiri sudah berusaha sekuat tenaga. Namun kemenangan 2-0 yang mereka petik di kandang Toulouse lewat gol Yohan Cabaye (menit 34) dan Ludovic Obraniak (48) jadi tak berarti.

Sementara itu, juara bertahan Bordeaux ditahan imbang Nice 1-1. Alhasil, pasukan Laurent Blanc itu masih tertahan di posisi tujuh dan terancam tidak berkompetisi di Eropa musim depan.

Buat Marseille, titel juara ini adalah sejarah karena mereka terakhir menjadi juara Ligue 1 pada musim 1991-92. Secara keseluruhan, Marseille telah mengumpulkan sembilan titel nasional. Ini juga gelar kedua Marseille musim ini karena mereka juga menjuarai Piala Liga Prancis.

Sedangkan buat arsitek Marseille, Didier Deschamps, ini juga sejarah karena merupakan gelar juara Liga level teratas pertama yang ia kantongi. Sebelumnya, pria 41 tahun ini membawa Juventus juara di Seri B Italia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar